Relevansi Filsafat Essensialisme William Chandler Bagley Pada Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka

Ajizah, Siti Nur (2025) Relevansi Filsafat Essensialisme William Chandler Bagley Pada Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SITI NUR AJIZAH 2025_compressed (1).pdf

Download (655kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI NUR AJIZAH 2025_compressed (1).pdf

Download (655kB)

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan terkait penguatan karakter dan kompetensi peserta didik melalui profil pelajar pancasila. Dalam konteks ini, penting untuk meninjau relevansi filsafat pendidikan klasik terhadap arah pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menganalisis konsep filsafat essensialisme yang dikemukakan oleh William Chandler Bagley terhadap profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka, dan mengetahui keterkaitan diantara keduanya. Adapun penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau library research, yang sumber utamanya buku karya milik William Bagley yang berjudul School Discipline (1914), serta berbagai literatur yang ada kaitannya dengan pendidikan karakter dan kurikulum merdeka. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu konsep essensialisme dari William Chandler Bagley diterapkan pada kurikulum profil pelajar pancasila, mempunyai relevansi yang signifikan antara keduanya dalam aspek karakter, moralitas, dan kedisiplinan. Peran guru yang otoritatif, sebagaimana ditegaskan oleh Bagley mendukung pembentukan pelajar yang berakhlak dan mandiri. Pendidikan karakter dan moral yang menjadi inti essensialisme selaras dengan nilai gotong royong dan tanggung jawab. Penekanan Bagley pada disiplin dan keteraturan mendukung tumbuhnya kemandirian dan bernalar kritis. Meskipun Bagley kurang menekankan terkait kreativitas dan keberagaman global, penekanannya pada penguasaan pengetahuan inti. Akan tetapi, tetap relevan dalam membentuk pelajar yang berfikir kritis dan terbuka. Dengan demikian, gagasan dari Bagley dapat memberikan dasar filosofis yang kuat untuk memperkuat dimensi- dimensi penting dalam pembentukan profil pelajar pancasila di era kurikulum merdeka. Kata kunci: Essensialisme, William Chandler Bagley, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 22:12
Last Modified: 09 Oct 2025 22:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25250

Actions (login required)

View Item View Item