EFEKTIVITAS MEDIA PETA KONSEP BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMUSU BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

IFRIANI, DELIA NUR (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PETA KONSEP BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMUSU BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DELIA NUR IFRIANI-23060180056-Efektivitas Media Peta Konsep Berbantuan Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 2 Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2022.pdf

Download (7MB)
[img] Text
DELIA NUR IFRIANI-23060180056-Efektivitas Media Peta Konsep Berbantuan Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 2 Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2022.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ifriani, Delia Nur. 2025. Efektivitas Media Peta Konsep Berbantuan Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 2 Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Peta Konsep, Kartu Bergambar, Hasil Belajar IPA, Klasifikasi Makhluk Hidup Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media peta konsep berbantuan kartu bergambar terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kemusu Boyolali tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperiment dengan desain yang digunakan control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kemusu Boyolali yang berjumlah 100 peserta didik. Sampel yang diambil yaitu 2 kelas, kelas VII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Prosedur pengumpulan data tes menggunakan pretest-posttest sedangkan data non-tes menggunakan angket respon. Teknis analisis data penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA diperoleh rata-rata nilai 75,6 dari kelas eksperimen. Uji hipotesis menggunakan statistic parametrik dengan jenis uji hipotesis yaitu pada uji independent sampel test diperoleh hasil nilai sig 2-tailed 0,000 < 0,05. Dengan demikian nilai Sig 0,000 kurang dari 0,05 yang mengindikasi penolakan terhadap Ho dan penerimaan terhadap Ha, yang diperkuat oleh data angket respon peserta didik. Dari 25 peserta didik kelas eksperimen, 64% memberikan kategori sangat baik dan 36% dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu media peta konsep berbantuan kartu bergambar efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kemusu Boyolali tahun Pelajaran 2022/2023. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat memberikan dampak baik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup. Serta dapat menumbuhkan sikap kolaborasi dan tanggung jawab antar teman sebaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 22:38
Last Modified: 09 Oct 2025 22:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item View Item