Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Interaktif Sainsku Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Materi IPAS Memakan dan Dimakan SD Negeri Blotongan 3 Salatiga Tahun ajaran 2024/2025

Ariyanti, Laila (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Interaktif Sainsku Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Materi IPAS Memakan dan Dimakan SD Negeri Blotongan 3 Salatiga Tahun ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LAILAA~1.PDF

Download (939kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media pembelajaran video animasi interaktif sainsku berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi IPAS tentang memakan dan dimakan. Dan keefektifan media pembelajaran video animasi interaktif sainsku dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Blotongan 3 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Eksperimental Two Group yang dimana sampel penelitiannya terdiri dari pretest-posttest. Instrumen penelitiannya yaitu tes, observasi serta dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan aplikasi software SPSS 22. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media video pembelajaran animasi interaktif sainsku dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V materi IPAS memakan dan dimakan SD Negeri Blotongan 3 Salatiga. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan Uji Independet Sample T-test dengan nilai signifikansi 0,05 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,010 nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,010 < 0,05). Kemudian menggunakan sampel sebanyak 25 siswa (12 kelompok kontrol dan 13 kelompok eksperimen). Jadi Df = (25-2 = 23) didapatkan nilai t tabel 1,714 sedangkan t hitung 2,794. Dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel (2,794 > 1,714). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini juga didukung dengan N-Gain efektivitas penggunaan media pada kelompok eksperimen diperoleh nilai sebesar 62,18 yang termasuk dalam kategori n-gain 56%-75% dengan klasifikasi cukup efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2025 16:13
Last Modified: 10 Oct 2025 16:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25273

Actions (login required)

View Item View Item