EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BERGAS TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Putri, Risya Ardana (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BERGAS TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_RISYA ARDANA PUTRI_23070210056.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RISYA ARDANA PUTRI_23070210056.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RISYA ARDANA PUTRI_23070210056.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI_RISYA ARDANA PUTRI_23070210056.pdf

Download (7MB)

Abstract

Putri, Risya Ardana. 2025. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan E-LKPD Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bergas Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: PBL; E-LKPD; Kemampuan Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL berbantuan E-LKPD terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bergas tahun pelajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain pretest-posttest control group. Model PBL berbantuan E-LKPD menjadi variabel bebas dan kemampuan pemahaman konsep menjadi variable terikat. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bergas tahun pelajaran 2024/2025 dengan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen pertama dan VII C sebagai kelas eksperimen kedua sebanyak 68 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Clustered random sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas yang kemudian dilakukan uji Independent Sample T-Test berbantuan IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan model PBL berbantuan E-LKPD efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bergas. Hasil tersebut dapat dilihat dari melalui dua tahap analisis data yaitu pada analisis tahap awal dengan soal pretest dihitung dengan 3 uji yaitu: 1)uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov dengan nilai sig. pada kelas eksperimen keduanya yaitu 0,200 dan 0,097, yang keduanya > 0,05, maka hasil pretest berdistribusi normal; 2)uji homogenitas pada kelas eksperimen keduanya dengan hasil nilai sig.> 0,05 yaitu 0,526 > 0,05, maka hasil pretest bersifat homogen; 3)uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed)>0,05 yaitu 0,182 > 0,05. Maka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2025 18:08
Last Modified: 10 Oct 2025 18:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item