Inayah, Nafisatul (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH PERWANIDA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Nafisatul Inayah-23040210015-IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DI KELAS IV MI PERWANIDA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nafisatul Inayah-23040210015-IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DI KELAS IV MI PERWANIDA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nafisatul Inayah-23040210015-IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DI KELAS IV MI PERWANIDA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nafisatul Inayah-23040210015-IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DI KELAS IV MI PERWANIDA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nafisatul Inayah-23040210015-IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DI KELAS IV MI PERWANIDA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nafisatul Inayah-23040210015-IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DI KELAS IV MI PERWANIDA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang dicapai peneliti pada penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah, mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung penerapan model pembelajaran ARIAS di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Perwanida tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini meliputi kepala madrasah, guru kelas, dan siswa. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS diimplementasikan dengan 5 langkah sebagai berikut: langkah yang pertama assurance (keyakinan atau percaya diri). Pada tahap ini guru memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dan mengingatkan bahawa pendidikan itu penting. Langkah yang kedua adalah relevance (relevansi), yaitu guru mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-sehari, seperti memberikan perumpamaan materi dengan suatu keadaan dilingkungan kehidupan siswa. Langkah yang ketiga interest (minat atau perhatian). Pada langkah ini guru menerapkan metode pembelajaran yang mampu mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran, seperti mengajak siswa untuk berdiskusi, tanya jawab, dan melakukan kegiatan praktik. Yang keempat yaitu assessment (penilaian). Pada tahap ini guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya didepan kelas, selain itu guru juga memberikan soal untuk mengetahui kemampuan siswa. Langkah yang kelima adalah satisfaction (penguatan atau kepuasan). Guru memberikan penguatan materi dan penghargaan atau apresiasi berbentuk kata “hebat”, “baik”, “semangat”, dan juga memberikan tepuk tangan. Dalam pelaksanaan model pembelajaran ARIAS terdapat faktor penghambat, yakni adanya masalah kesehatan fisik atau mental dan adanya lingkungan tempat tinggal yang tidak mendukung. Selain itu, penerapan model pembelajaran juga terdapat faktor pendukung yang mampu mendukung jalannya implementasi model pembelajaran seperti: motivasi dan minat belajar siswa, strategi mengajar guru, lingkungan belajar (sekolah) yang kondusif, terpenuhinya fasilitas dan media pembelajaran, adanya teman sebaya yang positif, kurikulum yang relevan, sarana dan prasarana yang memadahi, tenaga pendidik yang kompeten.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:48 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 03:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |