Munawarroh, Firsttin (2025) PERAN GURU DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE MEMBACA BUKU IQRO' KELOMPOK B RA AL-AZHAR CEBONGAN KOTA SALATIGA TAHUN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Firsttin Munawarroh-23050210002-Peran Guru dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah melalui Metode Membaca Buku Iqro' Kelompok B RA Al-Azhar Cebongan Kota Salatiga Tahun 2024-2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Munawarroh, Firsttin. 2025. Peran Guru dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Membaca Iqro’ Kelompok B RA Al-Azhar Cebongan kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Agung Hidayatullah, S.S., M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Membaca Huruf Hijaiyah, Iqro’ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode membaca iqro’ kelompok B RA Al-Azhar Cebongan kota Salatiga, dan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah melalui metode membaca iqro’ dengan adanya peran guru di RA Al-Azhar Cebongan kota Salatiga. Jenis penelitian yang diimplementasikan adalah kualitatif deskriptif. Berbagai teknik digunakan untuk memperoleh data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis berdasarkan teori peran guru. Keabsahan data dicek dengan menggunakan strategi triangulasi sumber. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa kelompok B RA Al- Azhar Cebongan kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode membaca iqro’ kelompok B RA Al-Azhar Cebongan kota Salatiga berjalan dengan baik dan efektif. Peran guru yang ditemukan pada penelitian ini terdiri dari peran guru sebagai pendidik dan pengajar, model teladan, motivator, fasilitator, serta pembimbing dan evaluator. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa metode ini berhasil meningkatkan kemampuan anak dalam membaca, dan menghafal huruf hijaiyah secara signifikan. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan meliputi metode klasikal, individual, dan kombinasi klasikal- individual, yang memungkinkan guru menyesuaikan pengajaran sesuai karakteristik dan kebutuhan masing-masing anak. Metode ini juga menumbuhkan minat dan kecintaan anak terhadap buku Iqro’ serta Al-Qur’an, didukung oleh interaksi sosial positif antar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 18:09 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 18:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |