Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2024/2025

'Ulum, Fajrina Ulfatul (2025) Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Fajrina Ulfatul 'Ulum - 23070210041 - Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ulum, Fajrina Ulfatul. 2025. Efektivitas Model Challenge Based Learning Berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata kunci: Efektivitas; Challenge Based Learning; GeoGebra; Hasil Belajar; Statistika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Challenge Based Learning (CBL) berbantuan software GeoGebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Statistika di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Grogolpenatus Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi-eksperimen dan desain pretest-posttest control group design. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen adalah Challenge Based Learning berbantuan GeoGebra, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan model Direct Instruction sebagai bentuk pembelajaran konvensional yang umum diterapkan di kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol, yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, sedangkan analisis data dilakukan melalui perhitungan skor N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test terhadap skor N-Gain. Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data N-Gain berdistribusi normal, dan uji homogenitas dengan Levene’s Test menunjukkan bahwa varians kedua kelompok homogen. Selanjutnya, uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana rata-rata peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol yaitu 0,7042 > 0,4901. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Challenge Based Learning berbantuan GeoGebra efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Statistika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 18:55
Last Modified: 13 Oct 2025 18:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25349

Actions (login required)

View Item View Item