PENGARUH AKSESIBILITAS, BRAND AWARENESS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kota Salatiga)

MAULA, MUHAMMAD WAFI MAGRIBI (2025) PENGARUH AKSESIBILITAS, BRAND AWARENESS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI M WAFI MAGRIBI MAULA repo 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI M WAFI MAGRIBI MAULA repo 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aksesibilitas, brand awareness, dan literasi keuangan syariah terhadap keputusan menabung dengan minat menabung sebagai variabel intervening pada nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kota Salatiga. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam menabung di bank syariah meskipun mayoritas penduduk Indonesia beragama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan metode random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 4 melalui uji pengukuran (outer model) dan uji model struktural (inner model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dan minat menabung, 2. Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dan minat menabung, 3. Literasi keuangan syariah berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan dan minat menabung, 4. Minat menabung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, serta 5. Minat menabung tidak mampu memediasi pengaruh aksesibilitas, brand awareness, dan literasi keuangan syariah terhadap keputusan menabung secara signifikan. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan kajian perilaku nasabah dalam konteks perbankan syariah, serta implikasi praktis bagi penguatan strategi pemasaran dan edukasi keuangan syariah oleh pihak perbankan. Kata Kunci: Aksesibilitas, Brand Awareness, Literasi Keuangan Syariah, Minat Menabung, Keputusan Menabung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 18:57
Last Modified: 13 Oct 2025 18:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25351

Actions (login required)

View Item View Item