ANISA, NURANI KHOLISATUL (2025) Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Nurani Kholisatul Anisa-23080210022-Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
Nurani Kholisatul Anisa-23080210022-Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
Nurani Kholisatul Anisa-23080210022-Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
Nurani Kholisatul Anisa-23080210022-Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
Nurani Kholisatul Anisa-23080210022-Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
Nurani Kholisatul Anisa-23080210022-Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text
Nurani Kholisatul Anisa-23080210022-Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa di SMP N 6 Salatiga.pdf Download (787kB) |
Abstract
Anisa, Nurani Kholisatul. 2025. Layanan Bimbingan Klasikal dengan Nilai-Nilai Tasamuh untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa Di SMP N 6 Salatiga Skripsi. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Jurusan Guru Kelas, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Sikap Empati, Nilai-Nilai Tasamuh Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat sikap empati siswa di SMP Negeri 6 Salatiga, 2) untuk memahami pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan nilai-nilai tasamuh dalam meningkatkan sikap empati siswa di SMP Negeri 6 Salatiga, dan 3) untuk menganalisis efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan nilai-nilai tasamuh dalam meningkatkan sikap empati siswa di SMP Negeri 6 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Desain ini digunakan karena tidak menggunakan randomisasi dalam pembagian kelompok. Layanan bimbingan klasikal dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan kepada 30 siswa yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan instrument skala psikologi empati. Setelah layanan diberikan, peneliti membagikan angket post-test untuk mengetahui perubahan sikap empati siswa. Pendekatan nilai-nilai tasamuh seperti toleransi, saling menghormati, dan tolong-menolong diintegrasikan dalam setiap sesi layanan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat empati siswa di SMP Negeri 6 Salatiga berada pada kategori sedang, yang ditandai dengan kurangnya kepedulian terhadap teman, sikap individualis, serta komunikasi yang cenderung kurang sopan. Pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan nilai nilai tasamuh dilaksanakan secara sistematis melalui tahap pembukaan, penyampaian materi, diskusi empati, dan sesi refleksi dengan pendekatan yang interaktif serta apikatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan layanan bimbingan klasikal berbasis nilai-nilai tasamuh pada 30 siswa kelas VII E. Layanan dilaksanakan dalam tiga pertemuan, yang mencakup pengisian angket pre-test dan post test, diskusi mengenai empati, penyampaian materi tasamuh secara interaktif, dan sesi refleksi. Nilai-nilai seperti toleransi, saling menghargai, dan hidup berdampingan dalam perbedaan ditekankan selama proses bimbingan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa layanan ini efektif dengan ditandai adanya peningkatan signifikan dalam sikap empati siswa, berdasarkan perbandingan hasil pre-test dan post-test, dengan rata-rata skor meningkat dari 84,3 ke 99,9. Sebanyak 27 dari 30 siswa berpindah ke kategori empati tinggi. Dengan demikian, layanan bimbingan klasikal berbasis nilai tasamuh terbukti efektif dalam meningkatkan empati siswa dan dapat menjadi strategi pembinaan karakter sosial yang relevan di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 20:23 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 20:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |