INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KITABWAS}A>YA> AL-A>BA>’ LI AL-ABNA> PADA SISWA KELAS VII SMP PESAT TEMBARAK DAN SMP NUR LINTANG KEDU TEMANGGUNG

Maghfiroh, Nailil (2025) INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KITABWAS}A>YA> AL-A>BA>’ LI AL-ABNA> PADA SISWA KELAS VII SMP PESAT TEMBARAK DAN SMP NUR LINTANG KEDU TEMANGGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis jilid fix. (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
tesis jilid fix. (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
tesis jilid fix. (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi Profil Pelajar Pancasila berbasis Kitab Was}a>ya> al-A>ba> li al-Abna> pada siswa kelas VII di SMP Pesat Tembarak dan SMP Nur Lintang Kedu Temanggung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan dalam kitab Was}a>ya> al-A>ba> li al- Abna> yang selaras dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila serta menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kitab Was}a>ya> yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila meliputi: pendidikan tauhid, adab, akhlak, dan kesehatan. Internalisasi nilai-nilai dalam Kitab Was}a>ya> al-A>ba> li al-Abna> mencakup enam dimensi Profil Pelajar Pancasila: beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Proses internalisasi dilakukan melalui perencanaan yang matang, pemilihan metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, keteladanan, serta penerapan program pembiasaan. Faktor pendukung dalam proses ini adalah integrasi pembelajaran kitab dalam kurikulum pesantren dan sekolah, peran aktif guru, serta antusiasme siswa. Sementara itu, faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu dan pemahaman siswa terhadap bahasa kitab. Kesimpulannya, integrasi Kitab Was}a>ya> al-A>ba> li al-Abna> dalam pendidikan formal efektif dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2025 00:02
Last Modified: 14 Oct 2025 00:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25382

Actions (login required)

View Item View Item