HAQ, IBNU ADLWAUL (2025) STRATEGI MARKETING PT. KAROMAH BAIT AL ANSOR CABANG SEMARANG DALAM MEREKRUT CALON JAMA’AH UMRAH TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SKRIPSI Ibnu Adlwaul H (097) FINAL (1).pdf Download (4MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Ibnu Adlwaul H (097) FINAL (1).pdf Download (4MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Ibnu Adlwaul H (097) FINAL (1).pdf Download (4MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Ibnu Adlwaul H (097) FINAL (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu 1) untuk mengetahui strategi marketing PT. Karomah Bait Al Ansor cabang Semarang dalam merekrut calon jamaah umrah. 2) untuk mengetahui perkembangan PT. Karomah Bait Al Ansor cabang Semarang dalam merekrut calon jamaah umrah. 3) untuk mengetahui peluang dan tantangan PT. Karomah Bait Al Ansor cabang Semarang dalam merekrut calon jamaah umrah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah pemimpin, staff marketing, dan jamaah umrah PT. Karomah Bait Al Ansor cabang Semarang. Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer adalah hasil wawancara dengan pemimpin PT. Karomah Bait Al Ansor cabang Semarang. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui jurnal, studi pustaka, dan dokumen data. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) PT. Karomah Bait Al Ansor cabang Semarang menerapkan berbagai straetgi dalam merekrut calon jamaah umrah antara lain memberikan pelayanan optimal dan penuh keramahan, memanfaatkan media sosial untuk promosi dan informasi, menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, dan majelis pengajian, serta memanfaatkan alumni jamaah. 2) Dari segi perkembangan, PT. Karomah Bait Al Ansor menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah jamaah serta efektivitas strategi marketing yang ditunjang oleh pemanfaatan teknologi informasi dan relasi yang luas. 3) Adapun peluang yang hadapi antara lain adalah dengan menyakini masyarakat bahwa pentingnya ibadah. Namun demikian, tantangan yang dihadapi adalah persaingan antar biro perjalanan umrah, serta ketakutan masyarakat terhadap banyak beredar berita penipuan dari biro umrah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:05 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 03:05 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
