STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY GENTENG DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG

HUDA, NIDHOM INFIJARUL (2025) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY GENTENG DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NIDHOM INFIJARUL HUDA-43030200045-STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NIDHOM INFIJARUL HUDA-43030200045-STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NIDHOM INFIJARUL HUDA-43030200045-STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NIDHOM INFIJARUL HUDA-43030200045-STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NIDHOM INFIJARUL HUDA-43030200045-STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NIDHOM INFIJARUL HUDA-43030200045-STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NIDHOM INFIJARUL HUDA-43030200045-STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN HOME INDUSTRY DI DESA SAMBONG KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG.pdf

Download (4MB)

Abstract

Huda, Nidhom Infijarul. 2025. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemasaran Home Industry Genteng di Desa Sambong Kabupaten Rembang. Skripsi, Salatiga : Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Ahmad Kharis, M.A. Kata Kunci : Pemberdayaan, Masyarakat, Pemasaran, Home Industry. Pemberdayaan masyarakat memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis rakyat, khususnya di sektor-sektor informal seperti industri rumahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat dan strategi pemasaran home industry genteng di Desa Sambong Kabupaten Rembang. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori pemberdayaan dan bauran pemasaran sebagai pisau analisis yang dugunakan dalam mengkaji permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya strategi pemberdayaan masyarakat melalui home industry genteng di Desa Sambong dilakukan secara menyeluruh dan bertahap dengan mengandalkan potensi lokal, partisipasi aktif warga, serta dukungan tokoh masyarakat dan pemerintah desa, yang berfokus pada penguatan kapasitas, kolaborasi, dan solidaritas sosial sebagai upaya membangun kemandirian ekonomi berbasis komunitas. Di sisi lain, strategi pemasaran yang diterapkan bersifat adaptif dan lokal, mencakup inovasi produk, promosi gabungan tradisional dan digital, distribusi fleksibel, serta pengelolaan SDM berbasis pelatihan, yang keseluruhannya mencerminkan model pemberdayaan efektif dan dapat direplikasi oleh desa-desa lain dengan karakteristik serupa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:01
Last Modified: 14 Oct 2025 04:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25391

Actions (login required)

View Item View Item