Munandar, Muhammad Aris (2025) PENGARUH ISLAMIC MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Skripsi Lengkap Muhammad Aris Munandar (1) (1).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Skripsi Lengkap Muhammad Aris Munandar (1) (1).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Skripsi Lengkap Muhammad Aris Munandar (1) (1).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Skripsi Lengkap Muhammad Aris Munandar (1) (1).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Skripsi Lengkap Muhammad Aris Munandar (1) (1).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Skripsi Lengkap Muhammad Aris Munandar (1) (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
M. Aris, Munandar. 2025, Pengaruh Islamic Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kcp Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Faqih Nabhan, S.E., M.M. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara mendalam pengaruh Islamic Marketing, Electronic Word of Mouth (e-WOM), dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah, dengan variabel Minat sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman terhadap faktor-faktor pemasaran Islami serta persepsi konsumen dalam menentukan keputusan untuk menjadi nasabah pada lembaga keuangan syariah, khususnya pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Salatiga. Dalam era persaingan industri perbankan yang semakin kompetitif, pendekatan pemasaran berbasis nilai-nilai Islam serta kekuatan opini publik melalui media digital menjadi elemen strategis yang perlu diteliti lebih lanjut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden yang merupakan nasabah aktif Bank Muamalat Indonesia KCP Salatiga. Data yang diperoleh merupakan data primer dan dianalisis menggunakan metode Moderated Regression Analysis (MRA) atau analisis regresi moderasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25 untuk menguji pengaruh langsung dan interaksi antara variabel bebas dan variabel moderasi terhadap variabel dependen. Sebaliknya, variabel Electronic Word of Mouth dan Brand Image secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah. Namun demikian, variabel Minat terbukti mampu memoderasi hubungan antara Islamic Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Menjadi Nasabah, yang berarti bahwa minat individu dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh dua variabel tersebut. Kata Kunci: Islamic Marketing, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Minat, Keputusan Menjadi Nasabah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 15:02 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 15:02 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
