Rohmah, Atika (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Atika Rohmah - 23070210027 - Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP N 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Atika Rohmah - 23070210027 - Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP N 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Atika Rohmah - 23070210027 - Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP N 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Atika Rohmah - 23070210027 - Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP N 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Atika Rohmah - 23070210027 - Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP N 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Atika Rohmah - 23070210027 - Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP N 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Atika Rohmah - 23070210027 - Efektivitas Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP N 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rohmah, Atika. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Genially; Hasil Belajar; Statistika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Genially terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran pada materi statistika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Quasi-Experimental Design, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling, sehingga diperoleh kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan VIII F sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes yang berupa pretest dan posttest serta dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, serta uji-t dengan metode Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Genially memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen yaitu 0,732, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata N-Gain Score 0,528. Selain itu, hasil uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, serta nilai t_hitung=3,614 yang lebih besar dari t_tabel=1,668. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara peserta didik yang menggunakan model TGT dengan menggunakan model PBL. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Genially efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran pada materi statistika.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 15:57 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 15:57 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
