Khanifah, Nurlaila (2025) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA DINI KELAS B3 DI TK ISLAM AL HUSNA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Nurlaila Khanifah 2305021004 Penerapan Pendidian Karakter Berbasis Media Gambar Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di TK Islam Al Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Nurlaila Khanifah 23050210042 Penerapan Pendidian Karakter Berbasis Media Gambar Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di TK Islam Al Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Nurlaila Khanifah 23050210042 Penerapan Pendidian Karakter Berbasis Media Gambar Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di TK Islam Al Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Nurlaila Khanifah 23050210042 Penerapan Pendidian Karakter Berbasis Media Gambar Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di TK Islam Al Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Nurlaila Khanifah 23050210042 Penerapan Pendidian Karakter Berbasis Media Gambar Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di TK Islam Al Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Nurlaila Khanifah 23050210042 Penerapan Pendidian Karakter Berbasis Media Gambar Pada Anak Usia Dini Kelas B3 di TK Islam Al Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Khanifah, Nurlaila. 2025. Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Media Gambar Pada Anak Usia Dini Kelas B3 TK Islam Al Husna Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sri Marwiyati, M.Pd. Kata Kuci: Pendidikan, Karakter, Media Gambar Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan pendidikan karakter berbasis media gambar pada anak usia dini kelas B di TK Islam Al Husna Salatiga, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan kegiatan pendidikan karakter berbasis media gambar pada anak usia dini kelas B di TK Islam Al Husna Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data primer dari kepala sekolah, guru kelas kelompok B, siswa kelompok B, dan wali murid kelompok B. Data sekunder meliputi dokumentasi foto, buku dan jurnal yang sesuai dengna penelitian, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan Teknik. Hasil penelitian berupa penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menjelaskan materi, penggunaan media gambar pada anak usia dini disambut baik oleh siswa, gambar menarik dan jelas. Terdapat 23 gambar karakter yang setiap gambarnya memunculkan nilai-nilai karakter yang berbeda. Dalam penerapannya meliputi memberikan role model, memberikan pemahaman. Tahap perencanaan berisi tentang menyiapkan tema, penanaman konsep, pemahaman konsep, praktik, dan evaluasi. Faktor pendukung meliputi penggunaan media gambar mempermudah guru dalam menyampaikan materi, penyajian gambar yang menarik, fasilitas mendukung, serta dukungan wali murid. Faktor penghambatnya adalah guru membutuhkan waktu yang lama dalam menyiapkan media, serta kegiatan pembelajaran karakter yang ditempatkan diprakegiatan membuat waktu kegiatan menjadi terbatas.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 16:04 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 16:04 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
