EVEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MAN 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Putriningtiyas, Okta (2025) EVEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MAN 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
OKTA PUTRINING TYAS-23010210032-BAB I,II,V.pdf

Download (671kB)
[img] Text
OKTA PUTRINING TYAS-23010210032-BAB I,II,V.pdf

Download (671kB)
[img] Text
OKTA PUTRINING TYAS-23010210032-BAB I,II,V.pdf

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Akidah Akhlak Kelas X MAN 1 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode Quasyexperiment dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Magelang, kemudian diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh dua kelas untuk menjadi sampel yakni kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-4 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrument berupa tes dan angket. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25.0 yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T-test). Efektivitas pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi akidah akhlak siswa kelas X MAN 1 Magelang menunjukkan bahwa, angket yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen diketahui uji t dengan hasil t hitung (4,392) > t tabel (1,658) dengan nilai signifikasi (0,000) < (0,05), hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari perhitungan hasil belajar siswa menunjukkan nilai signifikan (0,042) < (0,05) maka hal tersebut juga menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka terbukti bahwa pembelajaran berbasis proyek efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas X di MAN 1 Magelang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2025 16:30
Last Modified: 14 Oct 2025 16:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25408

Actions (login required)

View Item View Item