Alawiyah, Khusnawati (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MAN KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Khusnawati Alawiyah 23010210026 bab 125.pdf Download (820kB) |
|
|
Text
Khusnawati Alawiyah 23010210026 bab 125.pdf Download (820kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas XI di MAN Kota Magelang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dalam bentuk pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MAN Kota Magelang. Teknik sampling yang digunakan yakni cluster sampling dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian yakni kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni soal pre-test dan post-test dan observasi. Sebelum digunakan instrumen berupa soal pre-test dan post-test diuji keabsahanya terlebih dahulu menggunakan perangkat lunak SPSS 25.0. Uji tersebut untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Kemudian, analisis data dilakukan untuk menguji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji normalitas menunjukkan signifikasi > 0.05 artinya data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Levene’s test pada bagian based on mean menunjukkan signifikasi sebesar 0.449 atau > 0.05 artinya data tersebut bersifat homogen. Perbedaan hasil belajar terlihat pada rata-rata nilai post-test, kelas eksperimen memiliki rata-rata 80 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 67. Selanjutnya untuk uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test diperoleh signifikasi sebesar 0.00 atau < 0.05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan media wordwall efektif untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas XI MAN Kota Maagelang tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 16:30 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 16:30 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
