PENGARUH KONTEN EDUKASI TIKTOK @dokterdetektif TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA

KURNIANINGSIH, FEBRI FAJAR (2025) PENGARUH KONTEN EDUKASI TIKTOK @dokterdetektif TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Febri Fajar Kurnianingsih_ 43010210008_ PENGARUH KONTEN EDUKASI TIKTOK @dokterdetektif TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM .pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurnianingsih, Febri Fajar. 2025. Pengaruh Konten Edukasi TikTok @dokterdetektif Terhadap Tingkat Keputusan Pembelian Pada Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah UIN Salatiga. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Imam Subqi M.S.I. Kata Kunci: Keputusan Pembelian; Produk Skincare; Konten Edukasi. Pesatnya pertumbuhan media sosial, khususnya TikTok, mendorong mahasiswi semakin aktif mencari referensi produk skincare. Namun, maraknya klaim yang berlebihan dan tren konsumtif menimbulkan tantangan tersendiri. Konten edukasi berbasis bukti ilmiah seperti yang disajikan oleh @dokterdetektif penting untuk membekali konsumen agar lebih kritis. Penelitian sebelumnya lebih banyak membahas pengaruh promosi dan influencer, belum secara spesifik penelitian pengaruh konten edukasi berdasarkan hasil uji laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten edukasi dari TikTok @dokterdetektif terhadap keputusan pembelian produk skincare di kalangan mahasiswi komunikasi dan penyiaran islam fakultas dakwah UIN Salatiga, serta untuk mengukur seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif program studi komunikasi dan penyiaran islam UIN Salatiga. Dengan jumlah populasi 346 mahasiswi dengan jumlah sampel berjumlah 78 responden. diambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Data diperoleh melalui angket atau kuesioner. Selanjutnya, analisis data dilakukan menggunakan software SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil per hitungan uji t dapat diketahui bahwa nilai signifikansi variabel X terhadap variabel Y adalah 0.001 < 0.05, dan nilai t hitung 12.487 > ttabel 1.665, artinya variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y. Hasil hipotesis adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh konten edukasi tiktok @dokterdetektif terhadap keputusan pembelian produk skincare secara signifikan. Berdasarkan dari per hitungan koefisien determinasi diperoleh nilai Rsquare sebesar 0.672 yang artinya bahwa pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 67,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa konten edukasi tiktok @dokterdetektif berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare pada mahasiswi program studi komunikasi penyiaran islam fakultas dakwah UIN Salatiga sebesar 67,2% atau dapat dikatakan cukup berpengaruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2025 19:55
Last Modified: 14 Oct 2025 19:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25428

Actions (login required)

View Item View Item