Aminullah, Muhammad Hikam (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
MUHAMMAD HIKAM AMINULLAH - 23040210102 - EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
MUHAMMAD HIKAM AMINULLAH - 23040210102 - EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
MUHAMMAD HIKAM AMINULLAH - 23040210102 - EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
MUHAMMAD HIKAM AMINULLAH - 23040210102 - EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
MUHAMMAD HIKAM AMINULLAH - 23040210102 - EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 22 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 25 peserta didik, dengan sampel penelitian kelas III MI Kumpulrejo 02 Salatiga. Instrumen yang digunakan berupa tes pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal, yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall lebih tinggi (86,7) dibandingkan kelas kontrol (73,6). Uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Sementara itu, hasil uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 73,08% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III pada materi kalimat sederhana.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 20:23 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 20:23 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
