Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya dan Penguatan Positif Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Remaja Awal di SMP Negeri 9 Salatiga

Alifiah, Natasya (2025) Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya dan Penguatan Positif Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Remaja Awal di SMP Negeri 9 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
E-Repository Skripsi_Natasya Alifiah_43040210130.pdf

Download (924kB)

Abstract

Alifiah, Natasya. 2025. Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya dan Penguatan Positif Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Remaja Awal di SMP Negeri 9 Salatiga. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Aufa Abdillah, M. Psi. Kata kunci: Kelekatan Teman Sebaya, Penguatan Positif, dan Kecerdasan Emosional Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kelekatan teman sebaya dan penguatan positif terhadap kecerdasan emosional pada remaja awal di SMP Negeri 9 Salatiga. Kecerdasan emosional krusial bagi individu, dan pada masa remaja awal, perkembangannya sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan dukungan positif lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi penelitian adalah seluruh remaja awal di SMP Negeri 9 Salatiga yang berjumlah 738 siswa, dengan sampel sebanyak 89 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kelekatan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional (t-hitung = 2.871, sig. = 0.005), dengan sumbangan pengaruh sebesar 9.9% (R-Square = 0.099). Demikian pula, penguatan positif juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional (t-hitung = 2.858, sig. = 0.005), dengan sumbangan pengaruh sebesar 9.8% (R-Square = 0.098). Selanjutnya, secara simultan, kelekatan teman sebaya dan penguatan positif terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional (F-hitung = 9.229, sig. = 0.000), dengan total kontribusi sebesar 17.7% (R-Square = 0.177). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa baik kelekatan teman sebaya maupun penguatan positif memberikan kontribusi yang positif terhadap pengembangan kecerdasan emosional pada remaja awal. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya peran interaksi sosial yang sehat dan dukungan positif dari lingkungan dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada populasi remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 16:58
Last Modified: 15 Oct 2025 16:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25472

Actions (login required)

View Item View Item