Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dan Sikap Kepedulian Sosial pada Siswa di SMP Sultan Fattah Salatiga Dan SMP N 4 Salatiga Tahun Ajaran 2025

, M. Alfan Miftahul Fauzi (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dan Sikap Kepedulian Sosial pada Siswa di SMP Sultan Fattah Salatiga Dan SMP N 4 Salatiga Tahun Ajaran 2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis M. Alfan Miftahul Fauzi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis M. Alfan Miftahul Fauzi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis M. Alfan Miftahul Fauzi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis M. Alfan Miftahul Fauzi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fauzi, M. Alfan Miftahul. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dan Sikap Kepedulian Sosial pada Siswa di SMP Sultan Fattah Salatiga Dan SMP N 4 Salatiga Tahun Ajaran 2025. Dosen Pembimbing : Noor Malihah, S.Pd., M.Hum., Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter religius dan sikap kepedulian sosial di SMP Sultan Fattah Salatiga dan SMP N 4 Salatiga. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan yang ada pada kedua sekolah tersebut dalam menerapkan pendidikan karakter yang berakar pada nilai-nilai religius serta bagaimana sikap kepedulian sosial dikembangkan di kalangan siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan pendidikan karakter dan kepedulian sosial di kedua institusi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Sultan Fattah Salatiga dan SMP N 4 Salatiga selama bulan Januari hingga selesai. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa di kedua sekolah tersebut. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara mendalam dengan informan kunci, observasi partisipatif terhadap kegiatan sekolah, serta pengumpulan dokumen terkait program pendidikan karakter. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik, sementara analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah berhasil menerapkan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan dan pembiasaan yang teratur, serta meningkatkan sikap kepedulian sosial siswa melalui berbagai kegiatan sosial. Namun, terdapat faktor penghambat seperti kurangnya kesadaran siswa, latar belakng keluarga dan pengaruh lingkungan yang negatif. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa penguatan program pendidikan karakter dan keterlibatan orang tua sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Saran diberikan untuk meningkatkan partisipasi bagi guru, memperkuat komunikasi dengan orang tua, dan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan karakter di sekolah-sekolah di Indonesia. Kata Kunci : Implementasi Pendidikan, Karakter Religius, dan Kepedulian Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 18:25
Last Modified: 15 Oct 2025 18:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25483

Actions (login required)

View Item View Item