wafa, Fingki miftakhul (2025) STRATEGI PELAYANAN PRIMA TOUR LEADER DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN JAMAAH UMRAH PADA BIRO WALI WISATA MABRUR KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Skripsi_Fingki_081_MD.pdf Download (2MB) |
Abstract
Wafa, Miftakhul, Fingki. 2025. Strategi Pelayanan Prima Tour leader dalam Menumbuhkan Kepercayaan Jamaah Umrah pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang . Skripsi Fakultas Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Dra. Maryatin, M.Pd. Kata kunci: strategi pelayanan prima, tour leader, kepercayaan, jamaah umrah, biro WALI wisata mabrur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelayanan prima yang diterapkan oleh Tour leader dalam menumbuhkan kepercayaan jamaah umrah pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Mengetahui strategi pelayanan prima yang diterapkan oleh Tour leader di biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang dalam menumbuhkan kepercayaan jamaah umrah. 2) Mengetahui kendala dan bagaimana solusi yang dilakukan oleh Tour leader pada strategi pelayanan prima biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif., Sumber data diperoleh melalui Tour leader WALI Wisata Mabrur dan Jamaah yang pernah mengikuti perjalanan ibadah umrah bersama Wali Wisatsa Mabrur Kabupaten Semarang serta dokumen yang ada di WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semsarang Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Wali Wisata Mabrur Kabupaten Semarang. Sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan, penyaringan, penyajian, dan menyimpulkan data. Hasil dari temuan penelitian ini menunjukkan 1) Strategi pelayanan prima Tour leader WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang yaitu dengan cara action atau Tindakan (Menyiapkan manifest jamaah), attention atau perhatian (memastikan jamaah mendapatkan makanan di pesawat) attitude atau sikap (ramah), anticipation atau Antisipasi ( Name tage jamaah untuk memudahkan dalam mengenali ketika jamaah hilang atau tertinggal dari rombongan 2) Kendala dan solusi yang dilakukan oleh Tour leader dalam memimpin rombongan jamaah umrah pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang dalam kendala serta solusi yang ada adalah perlunya evaluasi yang dilakukan setelah pemberangkatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mengurangi kemungkinan masalah yang timbul dari para Jamaah Umrah maupun biro karena sejatinya kenyamanan jamaah proritas yang utama.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 18:49 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 18:49 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
