Fitria, Annisa (2025) PROSES COPYWRITING PEMILIHAN TEKS PADA CAPTION KONTEN BERITA DALAM AKUN INSTAGRAM @rri_semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Annisa Fitria_43010210080_PROSES COPYWRITING PEMILIHAN TEKS PADA CAPTION KONTEN BERITA DALAM AKUN INSTAGRAM @rri_semarang.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
Annisa Fitria_43010210080_PROSES COPYWRITING PEMILIHAN TEKS PADA CAPTION KONTEN BERITA DALAM AKUN INSTAGRAM @rri_semarang.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses copywriting dalam penyusunan teks pada caption berita di akun Instagram @rri_semarang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknik copywriting digunakan dalam pemilihan teks pada caption yang disusun agar menarik, informatif, dan sesuai dengan karakteristik media sosial. Dengan menganalisis proses ini, diharapkan dapat ditemukan pola-pola tertentu dalam penyusunan caption yang dapat meningkatkan interaksi audiens pada konten berita yang diposting. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan penelitian lapangan yang melibatkan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan pengelola akun Instagram @rri semarang, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi terkait unggahan berita di Instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dengan melihat proses pembuatan caption di Instagram dan wawancara mendalam untuk memahami proses penyusunan caption yang dilakukan oleh pengelola akun. Proses analisis data dilakukan dengan analisis konten kualitatif dengan merujuk pada teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) untuk mengidentifikasi elemen-elemen yang digunakan dalam copywriting caption seperti pemilihan kata, gaya bahasa, dan struktur kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses copywriting dalam penyusunan caption berita di akun instagram @rri semarang melibatkan pemilihan kata yang komunikatif, tahapan sistematis yang terstruktur, dan sudah sesuai dengan penerapan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) tetapi masih belum stabil dalam membangun komunikasi dua arah dikarenakan bagian action hanya menggunakan kalimat ajakan pasif mengikuti aturan lembaga. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa caption Instagram di akun @rri_semarang berfungsi lebih sebagai penyampai informasi daripada sebagai alat interaksi digital.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 19:54 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 19:54 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
