PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, MODAL USAHA, LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI TAHU TRADISIONAL DI DESA PENGKOL

Hafifah, Lutfiana (2025) PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, MODAL USAHA, LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI TAHU TRADISIONAL DI DESA PENGKOL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Lutfiana Hafifah_63030210086_Pengaruh SIA, Modal Usaha, Literasi Keuangan, dan SDM terhadap Kinerja Keuangan pada Industri Tahu Tradisional di Desa Pengkol.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem informasi akuntansi, modal usaha, literasi keuangan syariah, dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja keuangan pada industri tahu tradisional di Desa Pengkol, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data primer melalui kuesioner kepada 42 pelaku usaha yang masih aktif. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan. Variabel modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Variabel literasi keuangan syariah tidak berpengaruh positif secara signifikan. Sementara itu, variabel kompetensi SDM terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan UMKM di sektor pangan tradisional. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Modal Usaha, Literasi Keuangan Syariah, Kompetensi SDM, Kienrja Keuangan, Insdustri Tahu Tradisional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 20:27
Last Modified: 15 Oct 2025 20:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25500

Actions (login required)

View Item View Item