PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KALIJAKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MIN 2 SEMARANG

Visriyatun, Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KALIJAKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MIN 2 SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUR VISRIYATUN_23040190136_PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
NUR VISRIYATUN_23040190136_PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
NUR VISRIYATUN_23040190136_PGMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
NUR VISRIYATUN_23040190136_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Visriyatun. 2025. PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KALIJAKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MIN 2 SEMARANG. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Fatkhur Rozi, M. Pd. Kata kunci: Penelitian dan pengembangan; desain media pembelajaran; media interaktif benda konkret. Peran media pembelajaran untuk guru adalah memberikan pedoman dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Hal ini memungkinkan penjelasan materi dilakukan secara teratur dan membantu dalam menyampaikan informasi dengan cara yang menarik, sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil validasi dari desain media pembelajaran Kalijaka yang menggunakan objek benda konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model riset Sugiyono. Penelitian ini dilakukan hingga tahap uji Level 1. Pada tahap ini, fokus peneliti adalah pada penyusunan rancangan produk tanpa melakukan uji di lapangan. Tahapan yang dilalui mencakup identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan pengujian desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media belajar Kalijaka untuk materi operasi hitung perkalian di kalangan siswa kelas IV MIN 2 Semarang telah melalui proses validasi oleh ahli materi, ahli media dan guru yang mengajar di kelas. Skor validasi dari ahli materi mencapai 90 %, dari ahli media 92 %, dan guru kelas 96 %. Semua nilai tersebut tergolong sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media belajar Kalijaka materi operasi hitung perkalian pada siswa kelas IV MIN 2 SEMARANG sangat layak untuk diuji cobakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 21:38
Last Modified: 15 Oct 2025 21:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25506

Actions (login required)

View Item View Item