Daroini, Sa'idatul (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BERGAS. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Sa'idatul Daroini - 23070210012 - Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Peluang Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bergas.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
Sa'idatul Daroini - 23070210012 - Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Peluang Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bergas.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
Sa'idatul Daroini - 23070210012 - Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Peluang Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bergas.pdf Download (5MB) |
Abstract
Daroini, Sa’idatul. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Peluang Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bergas. Skripsi: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Bapak Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: efektivitas, Student Teams Achievement Division (STAD), berpikir kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang berbantuan dengan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi peluang siswa kelas X SMA Negeri 1 Bergas. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen murni (true experimental design) dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian mencakup seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bergas tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari 71 siswa yang berasal dari kelas X-2 dan X-3, yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Kelas X-3 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD, sementara kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata- rata, uji Independent Sample T Test dan uji N-Gain. Analisis tahap awal menggunakan data nilai pretest, yang ditunjukkan oleh nilai sig. pada kelas eksperimen sebesar 0,200 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar 0,058 > 0,05 artinya distribusi data pada kedua kelas normal. Selain itu, uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas homogen, dengan nilai sig. sebesar 0,881 > 0,05. Nilai pretest juga memperlihatkan bahwa tidak adanya perbedaan rata-rata antara kedua kelas, karena nilai sig. sebesar 0,069 > 0,05. Maka dari itu kondisi awal kedua kelas adalah setara. Setelah perlakuan yang berbeda diberikan, kedua kelas mengikuti posttest dan hasilnya dianalisis pada tahap akhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pada kedua kelas tetap berdistribusi normal, dengan nilai sig. 0,186 > 0,05 untuk kelas eksperimen dan 0,200 > 0,05 untuk kelas kontrol. Uji homogenitas juga menunjukkan hasil homogen dengan sig. sebesar 0,052 > 0,05. Uji hipotesis yang dilakukan dengan Independent Sample T Test menghasilkan nilai sig. 0,003 < 0,05, artinya adanya perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis secara signifikan antara kedua kelompok. Setelah itu uji N-Gain mendapatkan hasil kelas eksperimen 0,4896 dan pada kelas kontrol 0,3749 masuk pada kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peluang di kelas X SMA Negeri 1 Bergas.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:07 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 03:07 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
