STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM SERTIFIKASI HALAL PADA PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU (PLUT) UMKM DENGAN DINAS KOPERASI USAHA MIKRO PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SEMARANG

Aji, Muhammad Setia (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM SERTIFIKASI HALAL PADA PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU (PLUT) UMKM DENGAN DINAS KOPERASI USAHA MIKRO PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
m setia aji 43010180221.pdf

Download (2MB)
[img] Text
m setia aji 43010180221.pdf

Download (2MB)
[img] Text
m setia aji 43010180221.pdf

Download (2MB)
[img] Text
m setia aji 43010180221.pdf

Download (2MB)
[img] Text
m setia aji 43010180221.pdf

Download (2MB)

Abstract

apkan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Semarang dalam menyosialisasikan program sertifikasi halal kepada pelaku UMKM melalui PLUT UMKM Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memahami secara mendalam strategi komunikasi Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang melalui PLUT UMKM dalam mensosialisasikan program sertifikasi halal kepada pelaku UMKM. Lokasi penelitian berada di Kantor PLUT UMKM dan Dinas Koperasi Kabupaten Semarang, dilaksanakan selama dua minggu pada akhir Mei hingga awal Juni 2025. Sumber data terdiri dari data primer (pegawai dinas, pelaku UMKM, pegawai PLUT) dan sekunder (dokumen resmi, laporan, peraturan). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu agar informasi yang diperoleh konsisten, objektif, dan kredibel. Srategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang melalui PLUT UMKM dalam menyosialisasikan program sertifikasi halal melibatkan pemilihan komunikator yang kredibel dan menarik, perumusan pesan yang informatif dan persuasif, penggunaan media yang multikanal dan adaptif terhadap kondisi lokal, serta pendekatan berbasis segmentasi komunikan yang memperhatikan karakteristik pelaku UMKM dari berbagai latar belakang. Efektivitas strategi ini tercermin dalam capaian efek komunikasi secara kognitif (peningkatan pemahaman), afektif (meningkatnya minat), dan konatif (peningkatan partisipasi konkret).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2025 16:25
Last Modified: 16 Oct 2025 16:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item