SETYANINGRUM, PURWA AYU (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL ELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
PURWA AYU SETYANINGRUM_23070210082_EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 20242025.pdf Download (8MB) |
Abstract
Setyaningrum, P. A. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dengan Perbantuan Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 01 Tengaran Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Hypnoteaching, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Hypnoteaching terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Tengaran tahun pelajaran 2024/2025. Ketika perbedaan rata – rata kelas ekseperimen dan kelas kontrol yang mana ditunjukan pada uji N-Gain. Kelas yang menujukan hasil rata – rata terhadap hasil belajar lebih tinggi, maka model pembelajaran yang diterapkan lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimental serta menerapkan desain pretest-posttest group control. Penelitian ini melibatkan 64 peserta didik dari kelas VIII D sebagai eksperimen dan kelas VIII C sebagai kontrol. Cluster Random Sampling adalah teknik yang dimanfaatkan untuk menentukan sa mpel penelitian, sedangkan metode tes dan dokumentasi berperan sebagai alat dalam pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian, Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji One Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan rata-rata dengan KKTP, uji Independent Sample T-Test untuk membandingkan hasil antara kelas eksperimen dan kontrol, serta uji N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning yang dipadukan dengan pendekatan Hypnoteaching terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 01 Tengaran pada tahun pelajaran 2024/2025. Hasil uji hipotesis yang dilakukan mendukung temuan ini. Uji yang diterapkan adalah one-sample t-test, dengan keputusan yang diambil menunjukkan bahwa rata- rata hasil belajar matematika peserta didik di kelas eksperimen tidak mencapai atau melebihi nilai 76. Selain itu, uji N-Gain pada kelas eksperimen nilai rata-rata mencapai 0,8063 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata mencapai 0,6915. ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning yang digabungkan dengan pendekatan Hypnoteaching memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 01 Tengaran pada tahun pelajaran 2024/2025. Model Problem Based Learning dengan pendekatan Hypnoteaching terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Tengaran, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil uji Independent Sample T-Test yang menghasilkan nilai thitung > ttabel.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 17:07 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 17:07 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
