Rokhanah, (2025) EFEKTIVITAS MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
ROKHAN~2.PDF Download (1MB) |
|
|
Text
ROKHAN~2.PDF Download (1MB) |
|
|
Text
ROKHAN~2.PDF Download (1MB) |
|
|
Text
ROKHAN~2.PDF Download (1MB) |
|
|
Text
ROKHAN~2.PDF Download (1MB) |
|
|
Text
ROKHAN~2.PDF Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model game based learning berbantuan media quizizz terhadap kemampuan literasi matematika kelas VII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Sampel diambil menggunkan cluster random sampling, menghasilkan kelas VII A sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Soal tes kemampuan literasi matematika telah diuji validitasnya melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda soal. Analisis data dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 20, mencakup uji normalitas dan homogenitas, serta dilanjutkan uji Paired Sample T-Test, N-Gain, dan Independent Sample T-Test dengan menggunakan Microsoft Exel 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji Paired Sample T-Test menunjukan adanya perbedaan rata-rata antara nilai rata-rata pretest-posttest di kelas eksperimen dimana nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest dengan perolehan nilai t_hitung> t_(tabel ) yaitu 8,47 > 1,70, hal tersebut juga didukung oleh hasil uji N-Gain yang menunjukkan peningkatan rata-rata pretest-posttest kemampuan literasi matematika kelas eksperimen sebesar 69,17%. Sedangkan berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai t_hitung> t_tabel yaitu 5,45 > 1,68, menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata posttest kemampuan literasi matematika di kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Game Based Learning berbantuan media Quizizz efektif terhadap kemampuan literasi matematika kelas VII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 19 Oct 2025 11:44 |
| Last Modified: | 19 Oct 2025 11:44 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
