Hasyim, Farhan (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Farhan Hasyim-23010210116-Pengaruh Literasi Digital Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VIII di MTsN Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui pengaruh antara literasi digital terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di MTsN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Kedua untuk mengetahui pengaruh antara literasi digital terhadap hasil belajar dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di MTsN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Terakhir untuk mengetahui pengaruh antara literasi digital terhadap motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di MTsN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Studi ini dilakukan di MTsN Salatiga pada bulan April 2025. Populasi yang digunakan 346 siswa, 77 di antaranya dijadikan sebagai sampel dan diambil secara acak. Dalam penelitian ini, ada tiga variabel: literasi digital (X), motivasi belajar (Y1), dan hasil belajar (Y2). Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 30 pernyataan dan dokumen nilai rapor siswa sebagai data sekunder. Studi ini menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear sederhana. Semua analisis ini dilakukan menggunakan program SPSS Windows versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada pengaruh antara literasi digital terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di MTsN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 4.294 > 1.99210 maka hipotesis pertama diterima. Ada pengaruh antara literasi digital terhadap hasil belajar dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di MTsN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 11.754 > 1.99210 maka hipotesis kedua diterima. Ada pengaruh antara literasi digital terhadap motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di MTsN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel secara simultan yang pertama yaitu 18.439 > 3.12 dan yang kedua Fhitung > Ftabel 138.155 > 3.12, maka hipotesis ketiga diterima.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 15:52 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 15:52 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
