EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SALATIGA

Salsabila, Puput Naila (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI PUPUT NAILA SALSABILA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Salsabila, Puput, Naila. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Probem Based Learning (PBL) Pendekatan Saintifik Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga. Skripsi: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Gani Rohman, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Problem Based Learning (PBL); LKPD; Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbantuan LKPD terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas VIII SMP N 6 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif yang berupa Quasi Eksperimen desain Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B – VIII G SMP Negeri 6 Salatiga, dan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Dua kelas dipilih untuk menjadi sampel yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan melalui penerapan model belajar Problem Based Learning (PBL) pendekatan saintifik, sementara kelas kontrol melalui penerapan model belajar Think Pair Share (TPS). Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uj homogenitas, uji Paired Sample T Test, perhitungan skor N-Gain, dan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, data yang didapatkan memiliki distribusi normal dan homogen. Selanjutnya untuk perhitungan hipotesis I yaitu dengan uji Paired Sample T Test didapatkan = 9,315 > 1,699 maka diterima dan sebesar ditolak. Untuk perhitungan N-Gain diperoleh skor N-Gain = 0,818 yang dikategorikan tinggi. Ini berarti bahwa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pendekatan saintifik berbantuan LKPD terjadi peingkatan hasil belajar. Uji Independent Sample T-Test diperoleh = 2,99 > = 1,67 maka diterima dan ditolak. Ini menggambarkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pendekatan saintifik berbantuan LKPD efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2025 16:08
Last Modified: 20 Oct 2025 16:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25614

Actions (login required)

View Item View Item