Agustin, Dewi Nur (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PELUANG SMA NEGERI 2 GRABAG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SKRIPSI DEWI NUR AGUSTIN.pdf Download (9MB) |
|
|
Text
SKRIPSI DEWI NUR AGUSTIN.pdf Download (9MB) |
|
|
Text
SKRIPSI DEWI NUR AGUSTIN.pdf Download (9MB) |
|
|
Text
SKRIPSI DEWI NUR AGUSTIN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Agustin, Dewi Nur. 2025. Efektivitas Model Discovery Learning dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Peluang SMA Negeri 2 Grabag. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Gani Rohman, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning dengan Pendekatan Inquiry, LKPD, dan Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model penerapan Discovery Learning dengan Pendekatan Inquiry sebagai inspirasi meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indikator yang dipakai dalam penelitian yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan serta hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment Design menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Discovery Learning dengan Pendekatan Inquiry. Kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikatnya. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian menggunakan seluruh peserta didik kelas XI fase F SMA Negeri 2 Grabag. Metode yang digunakan pengambilan sampel penelitian yaitu Cluster Random Sampling. Dengan syarat kelas sampel sudah di uji tahap awal menggunakan uji nomalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Dengan teknik tersebut diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI 4 sebagai kelas eksperimen dan XI 2 sebagai kelas kontrol. Kelas XI 4 sebagai kelas eksperimen memperoleh model Discovery Learning dengan Pendekatan Inquiry berbantuan LKPD dan XI 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menujukan terdapat perbedaan antara sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Dalam hipotesis I dan hipotesis II menggunakan uji kanan sepihak. Hipotesis I memperoleh hasil 7,453 > 1,692 atau
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 16:26 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 16:26 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
