NUGROHO, RAFLY PRASETYO (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWBERBANTU SNOWBALL THROWINGTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 BOYOLALIPADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
RAFLYP~1.PDF Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dikombinasikan dengan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Boyolali. Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian akademik peserta didik pada mata pelajaran matematika, yang antara lain disebabkan oleh rendahnya interaksi aktif selama pembelajaran serta penggunaan metode pengajaran yang cenderung monoton. Kombinasi model Jigsaw dan Snowball Throwing dipandang potensial dalam mendorong partisipasi aktif siswa melalui kerja kelompok, diskusi kolaboratif, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis serta analitis. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan rancangan quasi-experimental tipe pretest-posttest control group design. Sampel diambil melalui teknik cluster random sampling, melibatkan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dengan pendekatan Discovery Learning dan kelas X-8 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), lalu dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengukur peningkatan dalam masingmasing kelompok, uji independent sample t-test untuk membandingkan kedua kelompok, serta perhitungan N-Gain untuk melihat efektivitas peningkatan pembelajaran. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok dengan selisih rata-rata 11,444 poin dan nilai signifikansi 0,000, mengindikasikan keunggulan model pembelajaran pada kelompok eksperimen. Adapun rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 78,57% (kategori efektif), sedangkan kelas kontrol mencapai 60,56% (kategori cukup efektif). Dengan demikian, integrasi model Jigsaw dan Snowball Throwing terbukti efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Snowball Throwing, Hasil Belajar, Matematika
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 16:38 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 16:38 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
