Sutiyono, Alfina Kiki (2025) EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV-A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Alfina Kiki Sutiyono_23040210064_EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfina Kiki Sutiyono_23040210064_EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfina Kiki Sutiyono_23040210064_EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfina Kiki Sutiyono_23040210064_EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfina Kiki Sutiyono_23040210064_EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfina Kiki Sutiyono_23040210064_EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Alfina Kiki Sutiyono_23040210064_EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK KEHIDUPAN MASYARAKAT DAERAHKU DI KELAS IV A MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Pembelajaran; Ular Tangga Pengetahuan; Hasil Belajar; IPAS; Kehidupan Masyarakat Daerahku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran ular tangga pengetahuan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Kehidupan Masyarakat Daerahku" di kelas IV-A MIN 9 Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Permasalahan utama dalam pembelajaran IPAS adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen (menggunakan media ular tangga pengetahuan) dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol (tanpa perlakuan khusus), dengan total 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda yang diberikan dalam bentuk pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), uji-t untuk melihat perbedaan signifikan antara kelompok, serta uji N-Gain untuk mengukur efektivitas peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian dengan dengan sampel sebanyak 44 peserta didik (22 peserta didik dari kelas eksperimen dan 20 peserta didik dari kelas kontrol). Sehingga df= (42-2=40) dengan taraf sigifikan 0,05 diperoleh nilai t tabel = 2.021 dan t hitung -5.098. Karena t hitung > t tabel (-5.098 > 2.021), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen berada pada kategori sedang hingga tinggi, dengan rata-rata nilai n-gain yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga pengetahuan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik kehidupan masyarakat daerahku.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 17:29 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 17:29 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
