EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TOPIK INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025

Masitoh, Sinta (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TOPIK INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
(Sinta Masitoh-23040210047-EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TOPIK INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (856kB)
[img] Text
(Sinta Masitoh-23040210047-EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TOPIK INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (856kB)
[img] Text
(Sinta Masitoh-23040210047-EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TOPIK INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(Sinta Masitoh-23040210047-EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TOPIK INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V MIN 9 BOYOLALI TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masitoh, Sinta. 2025. Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Topik Indonesiaku Kaya Hayatinya Di Kelas V Min 9 Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Baamboozle, Hasil Belajar, IPAS, Keanekaragaman Hayati Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efektif penggunaan media pembelajaran interaktif Baamboozle terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V MIN 9 Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya capaian belajar siswa yang disebabkan oleh kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru serta minimnya keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa kelas V MIN 9 Boyolali yang terdiri atas dua kelas, yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, dengan jumlah total 39 siswa. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test, uji normalitas, homogenitas, serta uji N-Gain. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan terhadap 39 siswa (20 siswa dari kelas eksperimen dan 19 siswa dari kelas kontrol), diperoleh derajat kebebasan (df) sebesar 37. Dengan taraf signifikansi 0,055, diperoleh nilai t tabel sebesar 2,026, sedangkan nilai t hitung sebesar -4,133. Karena nilai |t hitung| lebih besar dari t tabel, yaitu 4,133 > 2,026, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Data ini menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Baamboozle memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Baamboozle efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan topik Indonesiaku Kaya Hayatinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2025 17:32
Last Modified: 20 Oct 2025 17:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25624

Actions (login required)

View Item View Item