Zzakiyah, Laeli (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DI SMA N 1 TEMANGGUNG DAN SMA N 2 TEMANGGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
BAB 1 .pdf Download (902kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (367kB) |
|
|
Text
LAELI ZZAKIYAH - 12010220018 - STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DI SMA N 1 TEMANGGUNG DAN SMA N 2 TEMANGGUNG.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
LAELI ZZAKIYAH - 12010220018 - STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DI SMA N 1 TEMANGGUNG DAN SMA N 2 TEMANGGUNG.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
LAELI ZZAKIYAH - 12010220018 - STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DI SMA N 1 TEMANGGUNG DAN SMA N 2 TEMANGGUNG.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
LAELI ZZAKIYAH - 12010220018 - STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DI SMA N 1 TEMANGGUNG DAN SMA N 2 TEMANGGUNG.pdf Download (3MB) |
Abstract
Zzakiyah, Laeli (2025). Strategi Guru PAI dalam Internalisasi Nilai-Nilai Religiusitas di SMA N 1 Temanggung dan SMA N 2 Temanggung. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr., Mukh Nursikin, M.Si Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis strategi guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai religiusitas di SMA N 1 Temanggung dan SMA N 2 Temanggung. 2) Untuk menganalisis Implikasi internalisasi nilai-nilai religiusitas di SMA N 1 Temanggung dan SMA N 2 Temanggung, 3) Untuk menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai religiusitas di SMA N 1 Temanggung dan SMA N 2 Temanggung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai strategi guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai religiusitas melalui data yang diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis menemukan beberapa data 1) Strategi internalisasi nilai religiusitas di SMA N 1 dan SMA N 2 Temanggung dilaksanakan melalui pembiasaan, keteladanan guru, integrasi kurikulum, serta penguatan kegiatan keagamaan. SMA N 1 lebih menekankan pada pembiasaan dan ekstrakurikuler seperti Rohis, sedangkan SMA N 2 menonjolkan kegiatan rutin keagamaan, koordinasi Majelis Ta’lim, serta integrasi dalam P5 dan PPRA. Kedua sekolah ini sama-sama berupaya membentuk karakter religius siswa dengan pendekatan yang berbeda namun saling melengkapi. 2) Implikasi internalisasi nilai-nilai religiusitas dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Temanggung dan SMA N 2 Temanggung yakni ada 3 tahap yaitu transfromasi nilai-nilai religiusitas, tahap transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai-nilai religiusitas. Proses ini melibatkan perilaku dan sikap mental yang tercermin dalam aktivitas sehari-hari. 3) Faktor penghambat internal meliputi rendahnya kesadaran siswa, pengaruh teman sebaya, minimnya evaluasi guru, dan keterbatasan waktu. Dari sisi eksternal, hambatan muncul dari pergaulan di luar sekolah, media sosial, serta latar belakang keluarga dan lingkungan. Sementara itu, faktor pendukung berasal dari kegiatan keagamaan rutin, dukungan keluarga, peran guru dan siswa, serta evaluasi pembelajaran yang konsisten. Sinergi antara pendukung dan penghambat ini membentuk dinamika proses internalisasi nilai religiusitas di SMA N 1 dan SMA N 2 Temanggung. Kata Kunci: Strategi, Internalisasi, Nilai-nilai Religiusitas ABSTRACT Zzakiyah, Laeli (2025). Strategies of Islamic Education Teachers in the Internalization of Religious Values at SMA N 1 Temanggung and SMA N 2 Temanggung. Thesis of the Islamic Education Study Program. Graduate Program. State Islamic University of Salatiga. Supervisor: Dr. Mukh Nursikin, M.Si. The objectives of this research are: 1) To analyze the strategies of Islamic Education teachers in the internalization of religious values at SMA N 1 Temanggung and SMA N 2 Temanggung. 2) To analyze the implications of the internalization of religious values at SMA N 1 Temanggung and SMA N 2 Temanggung. 3) To analyze the challenges and obstacles faced by Islamic Education teachers in the internalization of religious values at SMA N 1 Temanggung and SMA N 2 Temanggung. This type of research is field research with a qualitative approach. This study describes the strategies of Islamic Education teachers in the internalization of religious values through data obtained from observations, interviews, and documentation. The results of this study, the author found several data 1) The strategy of internalizing religious values in SMA N 1 and SMA N 2 Temanggung is implemented through habituation, teacher role models, curriculum integration, and strengthening religious activities. SMA N 1 emphasizes more on habituation and extracurricular activities such as Rohis, while SMA N 2 emphasizes routine religious activities, coordination of Majelis Ta'lim, and integration in P5 and PPRA. Both schools strive to shape the religious character of students with different but complementary approaches. 2) The implications of internalizing religious values in Islamic Religious Education learning in SMA N 1 Temanggung and SMA N 2 Temanggung are that there are 3 stages: transformation of religious values, value transaction stage, and transinternalization of religious values. This process involves behavior and mental attitudes that are reflected in daily activities. 3) Internal inhibiting factors include low student awareness, peer influence, minimal teacher evaluation, and time constraints. From the external side, obstacles arise from social interactions outside of school, social media, and family and environmental backgrounds. Meanwhile, supporting factors come from routine religious activities, family support, the role of teachers and students, and consistent learning evaluation. This synergy between supporters and inhibitors shapes the dynamics of the internalization of religious values at SMA N 1 and SMA N 2 Temanggung. Keywords: Strategy, Internalization, Religious Values
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 18:29 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 18:29 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
