IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2025

NURMALASARI, ANNISA (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANNISA NURMALASARI-23010210045-IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANNISA NURMALASARI-23010210045-IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANNISA NURMALASARI-23010210045-IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANNISA NURMALASARI-23010210045-IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANNISA NURMALASARI-23010210045-IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANNISA NURMALASARI-23010210045-IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANNISA NURMALASARI-23010210045-IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurmalasari, Annisa. 2025. Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd., Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Mata Pelajaran Fiqih Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Faktor Pendukung Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. 3) Faktor Penghambat Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer meliputi waka kurikulum, guru mata pelajaran fiqih kelas dan beberapa siswa serta data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025 berlangsung secara nyata, kreatif, dan berdampak signifikan terhadap pengalaman belajar siswa. Hal ini tercermin dari dua praktik utama, yaitu simulasi tata cara memandikan jenazah sebagai bentuk penerapan komponen (pemodelan) modelling, serta simulasi akad nikah yang mengintegrasikan langkah collaborating, communicating, dan creativity. Sehingga menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan aplikatif. 2) Faktor Pendukung Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Magelang yaitu, tersedianya sarana dan prasarana, fleksibilitas Kurikulum Merdeka yang relevan serta profesionalisme guru dalam menciptakan suasana belajar. 3) Faktor Penghambat Pendekatan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Magelang yaitu, Perbedaan kemampuan siswa serta keterbatasan waktu pembelajaran. Upaya yang guru lakukan dalam menanggulagi kendala tersebut adalah dengan memanfaatkan beragam media belajar dan menerapkan strategi pemberian materi awal sebelum pembelajaran tatap muka di kelas, selain itu guru juga mengintegrasikan materi fiqih dengan berbagai kegiatan keagamaan yang terlaksana di Madraash.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2025 19:33
Last Modified: 20 Oct 2025 19:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item