Muhafidloh, Haiyul (2025) ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN (ASAT) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL FADLLU BRANGSONG KENDAL PADA TAHUN AJARAN 20242/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
HAIYUL MUHAFIDLOH-23070180033-ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN (ASAT) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL FADLLU BRANGSONG KENDAL PADA TAHUN AJARAN 20242-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
HAIYUL MUHAFIDLOH-23070180033-ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN (ASAT) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL FADLLU BRANGSONG KENDAL PADA TAHUN AJARAN 20242-2025.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas fungsi distraktor (pengecoh) soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) Mata Pelajaran Matematika di SMP Al Fadllu Brangsong Kendal Pada Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 49 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas IX B dan 22 siswa kelas IX G dan objek dalam penelitian ini adalah soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) Mata Pelajaran Matematika di SMP Al Fadllu Brangsong Kendal Pada Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari indeks validitas, butir soal yang dinyatakan valid berjumlah 22 butir (55%) dan butir soal yang tidak valid berjumlah 18 butir (45%). (2) Ditinjau dari tingkat reliabilitas yang telah dianalisis menunjukkan angka 0,771 sehingga soal tersebut memiliki reliabilitas yang tinggi atau reliabel. (3) Ditinjau dari taraf kesukaran, soal yang tergolong kategori sukar berjumlah 10 butir (25%), soal yang tergolong sedang berjumlah 24 butir (60%), dan soal yang tergolong kategori mudah berjumlah 6 butir (15%). (4) Ditinjau dari daya pembeda, soal dengan daya pembeda sangat jelek 2 butir (5%), soal dengan daya pembeda jelek 15 butir (38%), soal dengan daya pembeda cukup 19 butir (48%), soal dengan daya pembeda baik 4 butir (10%), dan soal dengan daya pembeda baik sekali 0 butir (0%). (5) Ditinjau dari efektivitas fungsi distraktor (pengecoh), pengecoh yang termasuk dalam kriteria sangat baik 27 butir (68%), pengecoh yang termasuk dalam kriteria baik 11 butir (28%), pengecoh yang termasuk dalam kriteria cukup baik 1 butir (3%), pengecoh yang termasuk dalam kriteria tidak baik 1 butir (3%).
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 21:45 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 21:45 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
