Utami, Ni'matul Aliyah Fajri (2025) ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL FADLLU BRANGSONG KENDAL PADA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
NI'MATUL ALIYAH FAJRI UTAMI-23070180030-ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL FADLLU BRANGSONG KENDAL PADA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (900kB) |
|
|
Text
NI'MATUL ALIYAH FAJRI UTAMI-23070180030-ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AL FADLLU BRANGSONG KENDAL PADA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (900kB) |
Abstract
Utami, Ni’matul Aliyah Fajri. 2025. Analisis Butir Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Mata Pelajaran Matematika Di SMP Al Fadllu Brangsong Kendal Pada Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Analisis Butir Soal; Tingkat Kesukaran; Daya Beda; Fungsi Distraktor (Pengecoh); Asesmen Sumatif Akhir Semester; Mata Pelajaran Matematika. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor (pengecoh) soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Mata Pelajaran Matematika Di SMP Al Fadllu Brangsong Kendal Pada Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa dari kelas VII A dan objek dalam penelitian ini adalah soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Mata Pelajaran Matematika Di SMP Al Fadllu Brangsong Kendal Pada Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft Exel. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ditinjau dari tingkat kesukaran soal, terdapat 21 butir soal (52,5%) tergolong sukar, 14 butir soal (35%) tergolong sedang, dan 5 butir soal (12,5%) tergolong mudah. (2) Ditinjau dari tingkat daya beda soal, terdapat 4 butir soal (10%) yang memiliki daya beda sangat buruk, 20 butir soal (50%) yang memiliki daya beda buruk, 10 butir soal (25%) yang memiliki daya beda cukup, 2 butir soal (5%) yang memiliki daya beda baik, dan 4 butir soal (10%) memiliki daya beda sangat baik. (3) Ditinjau dari fungsi distraktor (pengecoh), terdapat 38 butir soal (95%) yang memiliki tingkat pengecoh sangat baik dan 2 butir soal (5%) yang memiliki tingkat pengecoh yang baik. Analisis Butir Soal secara keseluruhan pada soal pilihan ganda Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Mata Pelajaran Matematika Di SMP Al Fadllu Brangsong Kendal Pada Tahun Ajaran 2024/2025 belum berkualitas baik, hal ini diperoleh dari 4 butir soal (10%) memiliki kategori baik (diterima), 8 butir soal (20%) memiliki kategori cukup (direvisi), dan 28 butir soal (60%) memiliki kategori tidak baik (ditolak).
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 21:52 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 21:52 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
