STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Setiawan, Muhammad Lutfi (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Lutfi Setiawan-23010210071-STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga dalam meningkatkan etika sosial siswa, 2) Mendeskripsikan strategi pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam beribadah, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dalam strategi pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga dalam meningkatkan etika sosial dan kedisiplinan beribadah siswa, 4) Mendeskripsikan faktor penghambat dalam strategi pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga dalam meningkatkan etika sosial dan kedisiplinan beribadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 10-19 maret 2025. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan observasi di kelas, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi sekolah dan literatur relevan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan divalidasi dengan teknik triangulasi untuk memastikan keakuratan hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi pembelajaran PAI yang diterapkan dalam meningkatkan etika sosial adalah guru sebagai suri tauladan di sekolah, pembiasan beretika baik yang dilakukan di sekolah, berkolaborasi dengan kegiatan sosial, evaluasi yang dilakukan menggunakan teknik observasi. 2) Strategi pembelajaran PAI dalam menggembangkan kedisiplinan beribadah adalah pembiasaan beribadah disekolah, pendekatan secara individu, guru sebagai teladan, mentoring dan evaluasi. 3) Faktor pendukung utama yang ditemukan adalah dukungan penuh dari pihak sekolah melalui penyediaan fasilitas dan jadwal kegiatan keagamaan rutin, serta keterlibatan aktif guru PAI dan orang tua dalam membimbing siswa. Sebaliknya, 4) Faktor penghambat meliputi pengaruh negatif dari media sosial, rendahnya pemahaman awal siswa terhadap materi PAI, yang berdampak pada efektivitas pembentukan etika sosial dan kedisiplinan beribadah siswa, kebiasaan dari rumah siswa yang jarang disiplin dalam beribadah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2025 22:21
Last Modified: 20 Oct 2025 22:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25646

Actions (login required)

View Item View Item