Falah, Ahmad Afdaul (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Ahmad Afdaul Falah-23010210060-IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Falah, Ahmad Afdaul. 2025. Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin Siswa di Smp Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Saltiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Widyastuti, M.Pd. Kata kunci: pendidikan karakter, karakter religius, disiplin, SMP Negeri 1 Tengaran, implementasi, faktor pendukung, hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Implementasi pendidikan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. (3) Implementasi pendidikan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. (4) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini ialah penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer berbentuk hasil wawancara dengan waka kurikulum, guru PAI, dan siswa, serta sumber sekunder berupa hasil observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter religius dan disiplin di SMP Negeri 1 Tengaran dilaksanakan secara sistematis melalui kegiatan rutin seperti Jum'at Taqwa, pengajian, pembacaan Al-Qur'an, upacara, barisan pagi, dan piket kelas, serta pengalaman lapangan di Batalyon Mekanis Rider 411. Keberhasilan program ini didukung oleh manajemen sekolah, budaya positif, lingkungan nyaman, keterlibatan guru dan orang tua, serta sistem pembiasaan dan fasilitas memadai. Namun, hambatan yang dihadapi meliputi sikap apatis siswa, perbedaan latar belakang, pengaruh media sosial, serta kurangnya pengawasan dan konsistensi dari guru maupun orang tua. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan komitmen dan sinergi semua pihak guna membentuk generasi yang berakhlak, bertakwa, dan disiplin.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 23:08 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 23:08 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
