luthfirahman, Favian (2025) PENGARUH INOVASI PRODUK, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Ayam Geprek Sa'I Kecamatan Demak). Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
FIX SKRIPSI VIAN,docx.pdf Download (3MB) |
Abstract
Luthfirahman, Favian. 2025. Pengaruh Inovasi Produk, Halal Awareness Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Geprek Sa’I Kecamatan Demak). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi S1-Manajemen Bisnis Syariah, UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Agung Guritno, S.S., M.Pd. Penelitian berjenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kecamatan Demak yang tersebar di 17 wilayah. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrument setelah itu analisis regresi linear berganda. Selanjutnya dilakukan uji path analysis, uji asumsi klasik. Kemudian dilakukan uji ketepatan model dan uji sobel. Data diolah menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa inovasi produk berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, serta berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Online customer review berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, namun memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli. Halal awareness terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun hanya memberikan pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap minat beli. Selain itu, minat beli sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam analisis peran mediasi, minat beli tidak berperan sebagai variabel intervening dalam hubungan antara inovasi produk maupun halal awareness terhadap keputusan pembelian, tetapi berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara online customer review terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Inovasi Produk, Online Customer Review, Halal Awareness, Keputusan Pembelian, Minat Beli.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 15:47 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 15:47 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
