Mutawally, Rahma Safira (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA QREATIF PADA MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP RUQ AL FALAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
RAHMA SAFIRA MUTAWALLY 23060210051 (NON).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
RAHMA SAFIRA MUTAWALLY 23060210051 (NON).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
RAHMA SAFIRA MUTAWALLY 23060210051 (NON).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
RAHMA SAFIRA MUTAWALLY-23060210051-EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING_010837.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
RAHMA SAFIRA MUTAWALLY-23060210051-EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING_010837.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
RAHMA SAFIRA MUTAWALLY-23060210051-EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING_010837.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mutawally, Rahma Safira. 2025. Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Media Qreatif Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP RUQ Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Pemahaman Konsep; Model Discovery Learning Berbantuan Media Qreatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning berbantuan media qreatif pada materi sistem tata surya terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP RUQ Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan model True Experiment bentuk Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII (A, B, dan C) yang berjumlah 81 siswa. Cluster Random Sampling dipilih untuk penentuan sampel penelitian. VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbantuan media qreatif dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menggunakan model direct instruction berbantuan PPT. Metode pengumpulan datanya terdiri dari metode tes berupa lembar soal tes untuk mengetahui keefektifan model discovery learning berbantuan media qreatif terhadap pemahaman konsep siswa, serta metode non tes berupa lembar observasi aktivitas guru untuk mengetahui keterlaksanaan model discovery learning berbantuan media qreatif oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan pemerolehan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,31 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 71,77. Berdasarkan analisis Independent Sample T-Test didapatkan nilai thitung (2,199) > ttabel (1,297) dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai posttest diantara kedua kelas tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media qreatif efektif pada materi sistem tata surya terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP RUQ Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Oleh karena itu, guru juga dapat mengembangkan pemahaman konsep siswa dengan melakukan pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan media qreatif oleh guru pengampu mata pelajaran IPA. Selain itu, sekolah dapat mempertimbangkan integrasi media pembelajaran berbasis teknologi yaitu qreatif sebagai bagian dari strategi pembelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 16:12 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 16:12 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
