Azizah, Himmatul (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GAME BELAJAR TAJWID FASIHA DAN BUKU AJAR FASIHA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TAJWID PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP RUQ AL FALAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Skripsi_Himmatul Azizah (025)_PAI 21.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Skripsi_Himmatul Azizah (025)_PAI 21.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Skripsi_Himmatul Azizah (025)_PAI 21.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Skripsi_Himmatul Azizah (025)_PAI 21.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Azizah, Himmatul. 2025. Pengaruh Penggunaan Game Belajar Tajwid Fasiha dan Buku Ajar Fasiha terhadap Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP RUQ Al Falah Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh Penggunaan Game Belajar Tajwid Fasiha, Buku Ajar Fasiha, Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui engaruh Penggunaan Game Belajar Tajwid Fasiha terhadap Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Untuk mengetahui pemgaruh Penggunaan Buku Ajar Fasiha terhadap Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Game Belajar Tajwid Fasiha dan Buku Ajar Fasiha terhadap Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP RUQ Al Falah Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 70 siswa, dan untuk sampel yang diambil yaitu jumlah total keseluruhan dari populasi. Variabel dalam penelitian ini ada 3 yaitu Game Belajar Tajwid Fasiha (X1), Buku Ajar Fasiha (X2), dan Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal dengan jumlah 30 soal. Penelittian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk uji coba instrument penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS for windows versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh antara penggunaan Game Belajar Tajwid Fasiha terhadap Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,003 > 2,012 maka hipotesis pertama diterima. (2) Ada pengaruh penggunaan Buku Ajar Fasiha terhadap Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,148 > 2,012 maka hipotesis kedua diterima. (3) Ada pengaruh Penggunaan Game Belajar Tajwid Fasiha dan Buku Ajar Fasiha terhadap Hasil Belajar Materi Tajwid pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP RUQ Al Falah Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 38,549 > 3,13 dan maka hipotesis ketiga diterima.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 17:04 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 17:04 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
