PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN MEDIA NETWORK TREE MIND MAPPING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs

KHOIRUNNISA, OKTAVIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN MEDIA NETWORK TREE MIND MAPPING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Oktavia Koirunnisa.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Oktavia Koirunnisa.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Oktavia Koirunnisa.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Oktavia Koirunnisa.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khoirunnisa, Oktavia. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Network Tree Mind Mapping Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs. Skripsi Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si. Kata Kunci: PjBL; Mind Mapping; Hasil Belajar; Klasifikasi Makhluk Hidup Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL berbantuan media network tree mind mapping pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Andong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode True Experimental Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Andong yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, dan VII-C. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan cara spin. Sampel terdiri atas kelas VII-B dan VII-C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen soal (pretest-posttest) dan angket respon siswa. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 18.0. Hasil penelitian diperoleh nilai pearson correlation sebesar 0.658. Nilai 0.658˃0.400 yang artinya data berkorelasi sedang. Hubungan kekuatan pengaruh model pembelajaran PjBL berbantuan media network tree mind mapping terhadap hasil belajar siswa didukung dengan nilai r^2 sebesar 0.574 yang menunjukkan 57.4% artinya kedua variabel berpengaruh. Nilai signifikan pada uji regresi linier sederhana menunjukkan hasil 0.002˂0.05 dengan persamaan Y= 44.868 + 1.240X. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berbantuan media network tree mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 19:29
Last Modified: 21 Oct 2025 19:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25687

Actions (login required)

View Item View Item