Qotimah, Siti (2025) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, HARGA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI(Studi pada Konsumen Pengguna Produk Herbal HPAI Di Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SKRIPSI Siti Qotimah_full123 pdf.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Siti Qotimah_full123 pdf.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Siti Qotimah_full123 pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal, harga, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian, dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada konsumen produk herbal HPAI di Kota Salatiga. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya kesadaran masyarakat Muslim terhadap pentingnya memilih produk yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga sesuai dengan prinsip syariah, khususnya produk herbal yang diklaim alami dan halal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden pengguna produk HPAI di Salatiga. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, sertifikasi halal dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam analisis mediasi, ditemukan bahwa harga dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, sedangkan sertifikasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dan persepsi harga lebih dominan dalam memengaruhi kepercayaan dan keputusan pembelian dibandingkan dengan label halal itu sendiri. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa perusahaan perlu lebih memperhatikan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, serta menjaga kepercayaan dengan memberikan nilai produk yang sepadan dengan harga. Meskipun sertifikasi halal tetap penting, kepercayaan konsumen terbentuk tidak hanya dari aspek kehalalan, melainkan juga dari pengalaman positif dalam penggunaan produk.Kata kunci: Sertifikasi Halal, Harga, Kepuasan Konsumen, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, SPSS, HP.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 20:18 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 20:18 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
