HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 10 SALATIGA

RISANGAYU, QOIMATU FARIDA DEWI (2025) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 10 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Qoimatu Farida Dewi Risangayu-43040210199-HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMP NEGERI 10 SALATIGA-halaman (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Qoimatu Farida Dewi Risangayu-43040210199-HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMP NEGERI 10 SALATIGA-halaman (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Qoimatu Farida Dewi Risangayu-43040210199-HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMP NEGERI 10 SALATIGA-halaman (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Risangayu, Qoimatu Farida Dewi. 2025. Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Kemandirian Siswa Kelas 8 Di SMP Negeri 10 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Dra. Maryatin, M.Pd. Kata kunci: Pola Asuh Demokratis, Kemandirian Siswa Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui gambaran pola asuh demokratis di SMP Negeri 10 Salatiga; 2) mengetahui gambaran kemandirian siswa di SMP Negeri 10 Salatiga; 3) mengetahui adakah hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis hipotesis PPM (Pearson Product Moment). Populasi yang diteliti adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 10 Salatiga, dengan teknik pengambilan sampel Non-Probability menggunakan Purposive Random Sampling. Metode ini melibatkan pemilihan peserta berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima, yang mengindikasikan adanya hubungan signifikan dan positif antara pola asuh demokratis dan kemandirian siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan IBM SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data mengenai kemandirian siswa menunjukkan bahwa 24 siswa (33,3%) memiliki kemandirian sedang, sedangkan 48 siswa (66,7%) memiliki kemandirian tinggi. Untuk pola asuh demokratis, 1 siswa (1,4%) berada dalam kategori rendah, 51 siswa (70,8%) memiliki pola asuh kategori sedang, dan 20 siswa (27,8%) berada pada kategori tinggi. Hasil analisis hipotesis dengan teknik korelasi Pearson Product Moment menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dan kemandirian siswa, dibuktikan dengan nilai Sig 2-tailed 0,000 < 0,05. Besar korelasi antara kedua variabel menunjukkan nilai 0,587, yang menunjukkan derajat hubungan sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 17:54
Last Modified: 22 Oct 2025 17:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25724

Actions (login required)

View Item View Item