PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GAMIFIKASI PADA MATERI KOMBINATORIK FASE F

Uswati, Stania (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GAMIFIKASI PADA MATERI KOMBINATORIK FASE F. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
STANIA USWATI-23070210073-PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GAMIFIKASI PADA MATERI KOMBINATORIK FASE F.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Stania Uswati - 23070210073 - Pengembangan E-LKPD Berbasis Gamifikasi Pada Materi Kombinatorik Fase F.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Stania Uswati - 23070210073 - Pengembangan E-LKPD Berbasis Gamifikasi Pada Materi Kombinatorik Fase F.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Stania Uswati - 23070210073 - Pengembangan E-LKPD Berbasis Gamifikasi Pada Materi Kombinatorik Fase F.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Stania Uswati - 23070210073 - Pengembangan E-LKPD Berbasis Gamifikasi Pada Materi Kombinatorik Fase F.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Stania Uswati - 23070210073 - Pengembangan E-LKPD Berbasis Gamifikasi Pada Materi Kombinatorik Fase F.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan e-LKPD berbasis gamifikasi pada materi kombinatorik fase F, (2) mengetahui kevalidan e-LKPD berbasis gamifikasi pada materi kombinatorik fase F, (3) mengetahui kepraktisan dari pengunaan e-LKPD berbasis gamifikasi pada materi kombinatorik fase F dalam pembelajaran, dan (4) mengetahui keefektifan penggunaan e-LKPD berbasis gamifikasi pada materi kombinatorik fase F dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan. Tahap Analysis dilakukan melalui angket studi pendahuluan peserta didik dan wawancara guru yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Tahap Design mencakup perancangan struktur e-LKPD, navigasi, konten, dan elemen gamifikasi. Pada tahap Development, e-LKPD dibuat menggunakan Scratch dan divalidasi oleh ahli materi dan media melalui lembar validasi, dan dianalisis dengan skala Likert 5 poin. Tahap Implementation melibatkan uji coba pembelajaran serta pengumpulan data pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji normalitas, paired sample t-test, dan one sample t-test. Tahap Evaluation mencakup pengukuran kepraktisan melalui angket peserta didik dan guru, dianalisis dengan skala Likert 5 poin. Hasil penelitian antara lain: (1) e-LKPD berbasis gamifikasi pada materi kombinatorik fase F dikembangkan melalui proses pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) e-LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan sebesar 80% dari ahli materi (kategori valid) dan 86,25% dari ahli media (kategori sangat valid). (3) Kepraktisan produk diperoleh dari respon peserta didik sebesar 82% dan guru sebesar 93%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. (4) Keefektifan produk ditunjukkan melalui uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), dan uji one sample t-test menunjukkan bahwa rata-rata posttest (88,89) secara signifikan lebih tinggi dari KKTP (75) sehingga, e-LKPD berbasis gamifikasi dinyatakan efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kombinatorik fase F.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 18:44
Last Modified: 22 Oct 2025 18:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25732

Actions (login required)

View Item View Item