IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DAKWAH ISLAM DALAM KOMUNIKASI PELAYANAN DRIVER AJEG TERHADAP KONSUMEN DI SALATIGA TAHUN 2025

amin, Sulukil chusnul (2025) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DAKWAH ISLAM DALAM KOMUNIKASI PELAYANAN DRIVER AJEG TERHADAP KONSUMEN DI SALATIGA TAHUN 2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Sulukil Chusnul Amin - 43010190090 - Implementasi Nilai-Nilai Dakwah Islam Dalam Pelayanan Driver Ajeg Terhadap Konsumen Di salatiga Tahun 2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Amin, Sulukil Chusnul. 2025. Implementasi Nilai-nilai Dakwah Islam dalam Komunikasi Pelayanan Driver Ajeg di Salatiga. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Juwita Artanti Kusumaningtyas, M.Cs. Kata kunci: Driver Ajeg, Nilai-nilai Dakwah, Pelayanan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai yaitu 1) untuk mengetahui implementasi nilai-nilai dakwah dalam pelayanan Ajeg di Kota Salatiga berdasarkan sifat Siddiq, Amanah, Tabligh, Fathanah. 2) Untuk mengetahui dampak penerapan nilai-nilai dakwah yang mencakup sifat Siddiq, Amanah, Tabligh, Fathanah terhadap loyalitas konsumen dalam pelayanan Ajeg di Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perusahaan Ajeg telah mengimplementasikan nilai-nilai dakwah dalam layanannya, meliputi nilai siddiq tercermin dalam kejujuran driver yang tidak memanipulasi tarif dan selalu menyertakan nota belanja. Nilai amanah terlihat dari sikap driver dalam menjaga keselamatan penumpang serta barang konsumen. Nilai tabligh tampak pada komunikasi aktif antara admin, driver, dan konsumen guna meminimalisasi kesalahan layanan. Adapun nilai fathanah diwujudkan melalui ketelitian dalam menjalankan pesanan, kebijakan manajemen yang adil, serta profesionalisme driver sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan aturan lalu lintas. 2) Penerapan nilai-nilai dakwah tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen, Nilai siddiq meningkatkan kepercayaan melalui transparansi tarif dan penyertaan nota belanja. Nilai amanah memberikan rasa aman dengan menjaga barang tetap utuh dan sampai tujuan. Nilai tabligh mendorong komunikasi aktif untuk meminimalkan kesalahan pesanan, sementara nilai fathanah menciptakan kesan profesional melalui kepatuhan terhadap SOP dan etika pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2025 01:03
Last Modified: 23 Oct 2025 01:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25750

Actions (login required)

View Item View Item