Indriyanti, Dwi Cahyani (2025) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
DWI CAHYANI INDRIYANTI-23010210088.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indriyanti, Dwi Cahyani. 2025. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dengan Lingkungan Sekolah Sebagai Variabel Moderasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Kedisiplinan, Hasil Belajar, Lingkungan Sekolah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti Tahun 2024/2025. (2) Bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti Tahun 2024/2025. (3) Bagaimana lingkungan sekolah dapat memoderasi kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti Tahun 2024/2025. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga sebanyak 218 siswa dan menggunakan sampel sebanyak 69 siswa dari kelas yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun 2024/2025 dalam kategori sedang hingga baik dengan persentase 20%. (2) Hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2024/2025 dalam kategori baik dengan persentase 31,9%. (3) Lingkungan sekolah di SMP Negeri 2 Salatiga dalam kategori sedang dengan persentase 24,6%. (4) Kedisiplinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti tahun 2024/2025. (5) Lingkungan sekolah sebagai variabel moderasi mampu memoderasi hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salatiga pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti tahun 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 04:57 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 04:57 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
